Minggu, 11 Agustus 2019

Aksesoris yang Harus Dimiliki oleh Pemain Gitar

Aksesoris yang Harus Dimiliki oleh Pemain Gitar
sumber : guitarsquardz.com

Meski sebagian besar referensi online akan menunjukkan bahwa sejarah gitar bass berasal dari tahun 1950-an dengan kemunculan gitar bass elektrik Fender Precision, sejarah sebenarnya dari bas modern dimulai sekitar 30 tahun sebelumnya melalui penemuan double bass Lloyd Loar. Ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa leluhur sebenarnya dari gitar bas adalah guitarron Latin, atau fingernail bass, yang merupakan perlengkapan dalam musik Latin tradisional di abad ke-17.

Di zaman modern, gitar bas digunakan untuk membentuk irama dan melodi untuk berbagai aliran musik termasuk blues, country, pop, metal, reggae, rock, dan banyak lainnya. Terlepas dari latihan ngebas selama berjam-jam, seorang gitaris bas alias basis profesional harus memiliki berbagai alat dan aksesoris gitar yang berguna untuk menunjang aktivitas bermusiknya.

Berikut adalah beberapa benda yang wajib dimiliki oleh seorang basis.

1. Case/tas

sumber : bangood.com

Sebagai basis profesional, kamu perlu membawa gitar kemanapun kamu pergi dengan mudah dan aman. Kamu butuh case atau tas yang kuat. Ada dua jenis case yang bisa kamu pilih, yakini hard-shell case yang keras atau gig bag yang terbuat dari bahan tekstil lembut. Fungsinya sama, yaitu melindungi gitar. Hard-shell case lebih mampu melindungi gitar dari benturan, sedangkan gig bag lebih mudah dibawa kemanapun kamu pergi. Pilihlah sesuai kebutuhan, jangan lupa untuk selalu membawa senar tambahan meski senar gitar bas biasanya kuat dan tak mudah putus.

2. String cleaner
sumber : bangood.com
String cleaner alias pembersih senar wajib dimiliki untuk membersihkan senar seusai latihan atau perform. Tak hanya membersihkan kotoran, cleaner juga membantu kamu bermain gitar dengan lebih cepat dan mulus, di samping suaranya juga lebih jernih. Fingerboard kamu juga akan lebih awet, selain tentunya gitar terlihat lebih cantik mengkilap.

3. Strap
sumber : Shopee.co.id
Tak mungkin kamu perform selama berjam-jam tanpa strap. Pilihan strap memang tergantung preferensi masing-masing orang. Strap hitam dari bahan kulit adalah pilihan klasik yang masih populer sampai sekarang. Straplock juga boleh dimiliki karena bisa menjaga gitar kamu dari jatuh tanpa sengaja.

4. Tuner kromatik dan metronom
sumber : Shopee.co.id
Sangatlah penting untuk selalu bermain dengan gitar yang telah disetel dengan baik. Tidak ada orang yang mau mendengarkan gitar yang tidak selaras dan ini dapat merusak reputasi seorang basis atau gitaris. Meski pemain yang berpengalaman dapat menyetem gitar mereka dengan telinga, pemula biasanya perlu memanfaatkan tuner kromatik atau metronom klasik untuk melakukannya.

5. Mesin rhythm & prosesor efek
sumber : bangood.com
Banyak instruktur musik menyarankan siswa mereka untuk berinvestasi dalam mesin rhythm yang baik. Alat ini memang sedikit mahal, tetapi yang bekas juga akan bekerja dengan baik. Tujuan dari mesin rhythm adalah untuk mengembangkan telinga dan feel musik kamu terhadap ritme dan melodi.

Basis dan drummer adalah kontributor paling penting untuk bagian ritme dan mesin ini akan membantu kamu mendengarkan drummer dengan lebih seksama. Meski pemula seharusnya menghindari efek khusus, prosesor efek bisa sangat berguna nantinya dan dapat meningkatkan musik kamu secara signifikan. Ketika kamu masih belajar bermain gitar, kamu perlu menjaga semuanya sesimpel mungkin.

Nah, itulah beberapa aksesoris yang sebaiknya dimiliki oleh pemain gitar bass. Meski pemain bas mungkin tidak mendapatkan perhatian sebanyak pemain gitar, basis memainkan peran yang sangat penting dalam setiap ansambel musik lewat cara unik mereka dalam membawakan ritme. Tanpa adanya bas dalam musik, banyak dari lagu-lagu indah yang paling dicintai saat ini akan kehilangan keindahan dan maknanya.

0 komentar:

Posting Komentar